Beranda » Atap Baja Ringan » Beberapa Perbedaan Atap Baja Ringan dan Konvensional

Beberapa Perbedaan Atap Baja Ringan dan Konvensional

Dipublish pada 5 March 2022 | Dilihat sebanyak 3.606 kali | Kategori: Atap Baja Ringan

Tahukah Anda Atap Baja Ringan dan Konvensional itu memiliki perbedaan. Perbedaan yang paling terlihat adalah dari segi bobot, karena seperti namanya baja ringan lebih enteng dibandingkan baja konvensional.

Namun bukan hanya itu saja yang menjadi perbedaan antar baja ringan dan baja konvensional, dari cara pembuatannya pun terdapat perbedaan. Selain itu baja ringan dan baja konvensional juga memiliki perbedaan dari segi kekuatan keduanya jika dijadikan atap.

 

Atap Baja Ringan

Atap Baja Ringan

 

Beberapa Perbedaan Atap Baja Ringan dan Konvensional

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli bahan bangunan ada baiknya untuk mengetahui perbedaan keduanya. Apalagi saat Anda ingin membeli bahan bangunan untuk atap. Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara baja ringan dan konvensional.

Jangan sampai Anda salah dalam memilih atap baja yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga atap tidak terpasang secara maksimal. Untuk itu berikut ini beberapa perbedaan baja ringan dan baja konvensional yang harus Anda ketahui sebelum membeli.

Proses Pembentukan

Perbedaan atap baja ringan dan konvensional yang pertama adalah dari segi pembentukan. Atap baja konvensional dibuat saat wujudnya berupa cairan. Cairan tersebut bersuhu sangat panas lalu dituang ke dalam beton yang dilakukan dengan teknik khusus.

Sedangkan untuk baja ringan merupakan baja berbentuk lembaran atau plat baja, pembentukannya dilakukan dalam kondisi dingin. Nah, perbedaan suhu dalam proses pembuatannya menyebabkan massa dari kedua bahan ini memiliki perbedaan.

Komposisi Karbon

Selain proses pembentukannya yang memiliki perbedaan, komposisi karbon keduanya juga memiliki perbedaan. Untuk komposisi karbonnya, peralatan konstruksi ini cukup rendah yaitu kurang dari 0,3%, makanya baja ringan yang dikenal dengan baja karbon rendah.

Sedangkan untuk baja konvensional memiliki komposisi karbon bisa mencapai 0,30% hingga 1,70% dari total berat baja ini. Perbedaan kandungan karbon ini sangat mempengaruhi kekuatan serta kekerasan kedua jenis baja ini.

Kekuatan Serta Daktilitas

Perbedaan atap baja ringan dan konvensional selanjutnya adalah tentang kekuatan serta daktilitas, hal ini masih berhubungan dengan kandungan karbon. Semakin tinggi kandungan karbon maka semakin kuat juga baja tersebut, berarti baja konvensional lebih unggul soal kekuatan dibanding pasang baja ringan.

Namun, jika kita perhatikan secara seksama, produk ini cenderung lebih unggul daripada baja konvensional. Sehingga dilihat dari segi ini baja ringan lebih elastis dibandingkan dengan baja konvensional.

Cukup Anti dan Tahan Terhadap Karat                

Jika dari segi kekuatan baja memenangkannya, namun dari segi tahan karat baja ringan ini tidak bisa diambil. Memang bukan hal baru lagi jika baja ringan terkenal tahan terhadap karat, hal ini karena baja ringan dilapisi pelindung anti karat.

Seperti Alumunium, Zinc, Silicon, serta unsur-unsur lain yang melindunginya dari karat, sehingga baja ringan dinilai lebih tahan terhadap korosi. Karena homogenitas antara zinc dan aluminium terjalin dengan baik antara keduanya.

Berat

Perbedaan yang terakhir adalah dari segi bobot kedua jenis baja ini, mungkin sudah bisa diprediksi jika baja ringan tentu lebih ringan. Memang benar dengan baja konvensional yang lebih berat, baja ringan ini sangat enteng ketika diangkat.

Perbedaan Atap Baja Ringan dan konvensional inilah yang menjadi alasan banyak orang memilih atap rangka baja ringan . Karena dengan baja ringan struktur bangunan di bawahnya tidak akan menyanngga beban terlalu berat.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Jasa Konstruksi Baja Ringan

Mengetahui Jasa Konstruksi Baja Ringan Terbaik

Dipublish pada 27 March 2022 | Dilihat sebanyak 3.452 kali | Kategori: Atap Baja Ringan

Kami adalah Jasa Konstruksi Baja Ringan bisa anda percayai. Saat ini baja ringan menjadi bahan bangunan yang sedang tren, rangka atap baja ringan lebih dominan dibandingkan bahan baja ringan untuk struktur lainnya karna bisa dibentuk konstruksi baja ringan atap miring,... selengkapnya

5 Tips Memilih Baja Ringan Terbaik untuk Rumah

5 Tips Memilih Baja Ringan Terbaik untuk Rumah

Dipublish pada 11 January 2022 | Dilihat sebanyak 3.340 kali | Kategori: Rangka Atap Baja Ringan

Pasang Rangka Baja Ringan | Memilih komponen yang tepat untuk bahan material rumah tentu merupakan tindakan krusial, pasalnya kalian harus memiliki wawasan yang cukup. Karena setiap rumah memiliki spesifikasi sendiri dan memiliki rangka atap baja ringan yang berbeda dengan lainnya,... selengkapnya

Atap Baja Ringan Limasan

Atap Baja Ringan Limasan, Bagaimana Cara Menentukan yang Sesuai?

Dipublish pada 19 February 2022 | Dilihat sebanyak 3.396 kali | Kategori: Atap Baja Ringan

Sekarang ini Atap Baja Ringan Limasan sering menjadi pilihan banyak orang sebagai kerangka bagian atas rumah mereka. Bahkan kegunaannya sebagai rangka atap bisa mengalahkan keunggulan rangka atap yang berbahan kayu. Keunggulan ini bisa dilihat dari keawetan rangka atap, karena kayu akan... selengkapnya

Our Office

BAJA RINGAN PRAMBANAN
Jl. Prambanan – Manisrenggo No.16
E-mail : bajaringanprambanan@gmail.com

Live Chat


Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Sisca Mega
Admin